Darwin tarain blog keren


A.    SEJARAH GAME
Banyak sekali saat ini game-game yang sangat berkemabang dari tahun ketahun sealur dengan perkembangan zaman dan semakin janggihnya tekhnologi pada saat ini. Dari usia anak2 sampai dewasa pun saat senang sekali untuk bermain game karena dapat menyenangkan hati mereka dan bisa menghilangkan kejenuhan. Maka dari itu saya akan menjelaskan sejarah game agar kita mengetahuin game itu berasal dari mana jangan cuma kita dapat.
Video game berawal dari pengembangan tabung sinar katoda yang terdapat dalam sistem peluru pertahanan pada akhir Perang Dunia II. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam bentuk permainan sederhana. 
Pada 1947 Thomas Toliver Goldsmith Jr dan Estle Ray Mann membuat permainan simulator rudal Cathode Ray Tube Device Amusement. Permainan ini iya mengambil ide dari kecanggihan radar Perang Dunia II dan dia terispirasi dengan hal tersebut. Pada saat itu game elektronik inilah  pertama yang tercatat dalam sejarah. Meski memiliki unsur permainan, game tidak begitu popular. Tetapi penggunaannya terbatas untuk kepentingan simulasi latihan militer saja. Tampilannya juga masih sangat sederhana sekali belum memiliki berwarna dan hanya mengeluarkan suara “tat-tit-tut” saja tidak halnya seperti game zaman sekarang. Baru pada 1970-an game elektronik bisa dinikmati di rumah-rumah.
Dan kemudian salah satu ilmuan yang bernama Ralph Baer, seorang Jerman berdarah Yahudi, mendesain video game rumahan pertama dengan prototipe bernama Brown Box. Kemudian Baer menjual idenya ke perusahaan Magnafox. Prototipe Baer kemudian dirilis ke pasar dengan nama Magnafox Odyssey pada saaat itu. Produk ini berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Ralph Baer kemudian tercatat sebagai “bapak game dunia” sungguh hebat bukan dia bisa membuat beberapa game. Kemudian dengan tampilan yang ia buat popularitas video game kian menanjak. Apalagi ketika pengusaha Nolan Bushnell mendesain mesin game koin (arcade) pertama di dunia bernama computer space –di Indonesia popular dengan sebutan Ding-Dong.
Bushnell ingin membuat game yang berbeda kemudian ia membuat game simulasi ping-pong yang diberi nama Pong. Pada saaat itu game ini laku keras di pasaran. Hampir setiap keluarga di Amerika bermimpi bisa membeli game ini. Di berbagai taman hiburan dan kafe, Pong bahkan harus dibongkar setiap 24 jam sekali untuk mengeluarkan koin yang berjejalan. “Selama puluhan tahun, orang Amerika lebih banyak menghabiskan uangnya untuk sistem home video game dan di tempat-tempat permainan Ding-Dong daripada untuk menonton film atau musik –jumlah totalnya mencapai lebih dari sebelas milyar dolar,” tulis Roger Fidler dalam Mediamorfosis.
Pada zaman itu ding-dong pun berkembang pesat dan meraja lela untuk game tetapi masyarakat mulai jenuh dengan game yang hanya bisa kita mainkan ke sebuah taman atau ketempat hiburan saja. Dengan berkemabangan zaman dan perkembangan tekhnologi banyak sekali game di muat kedalam komputer,atau ke tv dengan bantuan ps atau semacamnya. Apalagi sekarang dengan adanya HP pembuat game tidak mau ketinggaln dengan hal tersebut mereka pun mulai membuat game kedalam HP yang bisa dibawak kemana saja dan dapat dimainkan dengan mudah dan hemat tempat.
B.     JENIS-JENIS GAME
Bukan hanya mengenal sejarah game disini saya akan menjelaskan jenis2 game. Karena banyaknya persaingan game yang terdapat di perkembangan zaman ini banyak pembuat game yang mebuat game yang sangat bervariasi untuk menarik pemain game dan mulai memainkan game tersebut. Berikut ini adalah berbagai jenis –jenis game yang ada :
BERDASARKAN JENIS "PLATFORM" ATAU ALAT YANG DI GUNAKAN :
1.Arcade games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2.PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.

3.Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.
4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.
5.Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.

BERDASARKAN "GENRE" PERMAINANNYA :

1. Aksi – Shooting, (tembak-tembakan , atau hajar-hajaran bisa juga tusuk-tusukan, tergantung cerita dan tokoh di dalamnya), video game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak dan tembak.
2. Fighting ( pertarungan ) Ada yang mengelompokan video game fighting di bagian Aksi, namun penulis berpendapat berbeda, jenis ini memang memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi mata-tangan, tetapi inti dari game ini adalah penguasaan jurus (hafal caranya dan lancar mengeksekusinya), pengenalan karakter dan timing sangatlah penting, o iya, combo-pun menjadi esensial untuk mengalahkan lawan secepat mungkin.
3. Aksi – Petualangan. Memasuki gua bawah tanah, melompati bebatuan di antara lahar, bergelayutan dari pohon satu ke pohon lain, bergulat dengan ular sambil mencari kunci untuk membuka pintu kuil legendaris, atau sekedar mencari telepon umum untuk mendapatkan misi berikutnya, itulah beberapa dari banyak hal yang karakter pemain harus lakukan dan lalui dalam video game jenis ini. Menurut penulis, game jenis ini sudah berkembang jauh hingga menjadi genre campuran action beat-em up juga, dan sekarang, di tahun 2000 an, jenis ini cenderung untuk memiliki visual 3D dan sudut pandang orang ke-tiga. Tomb Rider, Grand Theft Auto dan Prince of Persia termasuk didalamnya.

4. Petualangan. Bedanya dengan jenis video game aksi-petualangan, refleks dan kelihaian pemain dalam bergerak, berlari, melompat hingga memecut atau menembak tidak diperlukan di sini. Video Game murni petualangan lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat
5. Simulasi, Konstruksi dan manajemen. Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan.

6. Role Playing. Video game jenis ini sesuai dengan terjemahannya, bermain peran, memiliki penekanan pada tokoh/peran perwakilan pemain di dalam permainan, yang biasanya adalah tokoh utamanya, dimana seiring kita memainkannya, karakter tersebut dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain ( biasanya menjadi semakin hebat, semakin kuat, semakin berpengaruh, dll) dalam berbagai parameter yang biasanya ditentukan dengan naiknya level, baik dari status kepintaran, kecepatan dan kekuatan karakter, senjata yang semakin sakti, ataupun jumlah teman maupun mahluk peliharaan.
 7. Strategi. Kebalikan dari video game jenis action yang berjalan cepat dan perlu refleks secepat kilat, video game jenis strategi, layaknya bermain catur, justru lebih memerlukan keahlian berpikir dan memutuskan setiap gerakan secara hati-hati dan terencana.

8. Puzzle. Video game jenis ini sesuai namanya berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya, itu semua termasuk dalam jenis ini.
9. Simulasi kendaraan. Video Game jenis ini memberikan pengalaman atau interaktifitas sedekat mungkin dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut.
10. Olahraga. Singkat padat jelas, bermain sport di PC atau konsol anda. Biasanya permainannya diusahakan serealistik mungkin walau kadang ada yang menambah unsur fiksi seperti NBA JAM. Contohnya pun jelas, Seri Winning Eleven, seri NBA, seri FIFA, John Madden NFL, Lakers vs Celtics, Tony hawk pro skater, dll.
C.     KARAKTERISTIK PADA GAME

1.  Singkat
Kisarannya bisa dari 1 menit ilustrasi visual atau verbal sampai dengan 30 menit latihan atau diskusi kelompok.Biasanya digunakan sebagai suplemen materi dan waktu yang digunakan sebisa mungkin diminimalisasi.

2. Membutuhkan sedikit biaya
Dalam arti, tidak ada yang selalu harus dibeli dan tidak ada yang harus disewa atau dipesan. Bahkan ada games yang tidak membutuhkan biaya.

3. Partisipatif
Games melibatkan peserta baik secara fisik (termasuk pergerakan) maupun fisiologis (seperti perhatian secara mental maupun secara visual). Game membangun perhatian peserta dan membuat mereka berpikir, bereaksi, dan tertawa.

4. Menggunakan alat bantu
Beberapa game melibatkan penggunaan alat-alat sederhana untuk menambah kesan realistis pada kegiatan. Alat bantu tersebut dapat berupa spidol, satu pak kartu, korek api, atau sekeranjang jeruk.

5.Beresiko rendah
Kemungkinan besar tingkat keberhasilan game ini cukup tinggi bila dilakukan sesuai dengan cara yang benar dan professional.

6. Adaptasi yang mudah
Game yang baik dapat disesuaikan dengan beragam situasi dan penekanan pada poin-poin yang berbeda. Bahkan, game juga dapat dimodifikasi tanpa menghilangkan kesan dan karakter aslinya.

7. Single focus
Berbeda dengan simulasi, game lebih sering menggunakan ilustrasi yang hanya single point. Game umumnya lebih berorientasi pada persoalan mikro dari pada makro.




0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar



Pengikut

My Blog darwin tarain

About this blog

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Tarain

Foto saya
heeh anak yang gokil and keren dhe

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

.