Darwin tarain blog keren


·     Sejarah Permainan Othello
Sejarah othello berawal tahun 1945, setelah bom  atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. September 1945, Hasegawa Goro yang tengah duduk di kelas satu SMP menerima pelajaran sembari duduk di tanah di bawah langit biru. Mito juga menjadi sasaran pengeboman hingga kastil dan bangunan bersejarah lain ikut habis dalam kobaran api. Dalam suasana seperti itulah permainan ini dilahirkan. Permainan othello dimainkan pada arena papan kotak-kotak persegi dengan koin hitam dan putih diatas arena. Pada awal permainan diletakkan dua koin hitam dan dua koin putih pada pusat arena. Koin warna hitam harus melewati koin warna putih agar koin putih dapat diubah menjadi koin hitam, dan sebaliknya. Permainan akan berakhir jika semua kotak arena sudah terisi koin, atau seluruh koin yang ada di atas arena berwarna sama. Pemenang adalah pemain yang memiliki jumlah koin lebih banyak di atas arena. Permainan ini di luar negeri lebih dikenal dengan nama  Reversi. Saat ini Othello tidak hanya dimainkan secara tradisional, namun sudah banyak dibuat dalam bentuk animasi pada komputer.
·     Bahasa dan Program Editor
               Permainan “othello” menggunakan bahasa pemrograman Prolog. Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Dalam hal ini saya menggunakan Strawberry Prolog sebagai program editor. Alasan kami menggunakan strawberry prolog ini karena menurut kami editor ini mudah untuk digunakan dan mudah untuk mengimplementasikan AI secara sederhana dan merupakan aplikasi light edition yang artinya program ini dapat dijalankan langsung tanpa perlu diinstal. Strawberry Prolog dihasilkan oleh Institut Matematika dan Informatika pada Akademi Ilmu Pengetahuan Bulgaria . Versi pertama dirilis pada tahun 1996. Pemimpin tim Strawberry Dimiter Dobrev.







·     Penjelasan game
Game dengan judul othello spongebob vs patrick ini di buat demi memenuhi tugas praktikum Pengantar Kecerdasan Buatan. Game ini di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman strawberry prolog. Othello adalah permainan papan yang melibatkan strategi.Pada game othello kali ini  papan Othellonya memiliki 81 kotak yang dimainkan oleh dua pemain di atas papan dengan 9 baris dan 9 kolom. Pada saat memulai permainan anda akan melihat sebuah tampilan deangan icon kartun spongebob dan patrick sebagai biji othellonya. Pada permainan sudah menentukan playernya yaitu anda sebagai spongebob dan komputer sebagai Patrick.
·                    ini adalah sebagai icon Patrick pada  game Othello dimainkan sebagai computer.
·                    ini adalah sebagai icon spongebob pada game Othello yang dimaikan oleh si pemain Othello.
Selanjutnya ketika anda mengeklik button ok,maka permainan akan segera dimulai.Lalu pada pojok kiri atas game terdapat 3 menu yaitu menu Mulai, Bantuan, Musik, Pilih dan background. Sedangkan dipojok kanan terdapat menu keluar.
Menu Mulai   di gunakan untuk apabila anda ingin memulai permainan baru.
Menu Bantuan digunakan untuk menjelaskan game yang ada mainkan dan penjelasan game Othello ini.
Menu music digunakan jika anda ingin mendengarkan music apabila anda lagi bosan ketika bermain.
Menu Pilih digunakan untuk memilih siapa yang akan jalan pertama apakan user atau computer.
Menu Backgroud digunakan untuk mengganti background yang user sukain.
Menu Keluar adalah jika anda ingin meniggalkan game ini.













A.   RULES
·         Pada saat mulai anda akan mendengarkan lagu spongebob terlebih dahulu sebelum memulai permainan
·         Pada game othello kali ini pemain sudah di tentukan sebagai spongebob dan komputer adalah sebagai patrick .
·         Terdapat 9 biji othello di tengah papan. 4 biji icon spongebob  dan 5 biji icon patrick.
·         Pada game kali ini jika kita tidak memilih siapa yang jalan pertama maka user lah yang akan memulai permainan terlebih dahulu tetapi jika computer yang dipilih maka computer yang akan jalan pertama.
·         Permainan dimulai dengan meletakkan satu biji di papan sesuai icon anda. Letakkan di sisi biji yang berbeda icon  (biji lawan). Caranya : apitlah biji othello lawan yang di papan, di mana pada ujung dan pangkal harus ada icon  biji user sebagai syarat untuk membaliknya agar menjadi milik user. Pembalikan icon berlaku secara horisontal, vertikal dan diagonal dari titik meletakkan biji.
·         Pada game ini terdapat timer yang berfungsi kita harus menyelesaikan game Othello ini dengan tepat waktu. Jika kita belum meyelesaikan game ini maka game akan berakhir seiring berakhirnya waktu dan diantara user dengan computer tidak ada yang menang dan kalah berarti seri.
·         Permainan berakhir jika papan telah  terisi 61 kotak. Atau kedua pemain kehabisan langkah, walau kotak di papan belum sepenuhnya terisi.
·         Pemenang adalah pemain yang menguasai mayoritas icon  di papan permainan.

B.   GOAL

1.     Kondisi pertama jika user menang
Pemenangnya adalah pemain yang memiliki karakter icon yang lebih banyak dari lawannya pada akhir permainan. Umumnya pada tahap ini semua 61  kotak sudah terisi. Pada saat anda memainkan game tersebut dan anda menang  akan muncul score di atas papan othello.Dalam keadan ini anda dapat dikatakan  menang  bilamana  icon spongebob lebih banyak jumlahnya di bandingkan icon patrick.

2.     Kondisi user kehabisan waktu dan menjadi seri
Pemenangnya tidak ada jika pemain sudah kehabisan waktu dan kotakpun belum sepenuhnya terisi 61 kotak. Walaupun score yang dimiliki user atau computer ada yang lebih tinggi tetap saja akan menajadi seri gara-gara permainan sudah berakhir.








3.     Kondisi ketiga jika user kalah
Jika computer yang sebagai pemenangnya yang memiliki karakter icon yang lebih banyak dari user pada akhir permainan. Umumnya pada tahap ini semua 61  kotak sudah terisi. Pada saat anda memainkan game tersebut dan user kalah akan muncul score di atas papan othello.Dalam keadan ini anda dapat dikatakan  kalah  bilamana  icon patrick lebih banyak jumlahnya di bandingkan icon spongebob.






C.   KONSEP AI
            Othello merupakan suatu permainan yang menggunakan konsep Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan AI pada game ini terletak pada komputer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user dengan cara menutup langkah pemain untuk membentuk sebuah garis, komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang. Othello 9x9 disini menjelaskan tentang permainan dua buah benda lingkaran yang dibagi menjadi 2 icon dengan masing-masing pemain mempunyai icon yang berbeda yaitu icon spongebob yang akan digunakan oleh pemain (player) melawan computer yang menggunakan icon patrick.
            Adapun inti dari permainan ini ialah memenangkan perlawanan dari computer dengan menjadikan satu baris horizontal, vertikal dan diagonal berurut dengan pin yang sama sebanyak-banyaknya menurut warna kepemilikannya. Pada permainan ini terdapat 81 kotak  yang terdiri dari 9 baris dan 9 kolom yang dapat diisi bergantian antara pemain (player) dengan lawan (computer) dengan cara meletakkan pin milik pemain (player) itu disamping pemain milik lawan (computer) yang berfungsi untuk menutupi ruang gerak milik lawan (computer).
Jika salah satu dari pemain memperoleh jumlah terbanyak dari pin yang dimiliki maka pemain itulah yang disebut dengan pemenang.
Untuk memainkan game ini, kita harus memiliki kompiler strawberry prolog terlebih dahulu. Ini dikarenakan penulis membuat aplikasi ini dengan strawberry prolog yang masih versi gratis, sehingga tidak dapat dibuat menjadi object code berbentuk executable. Pertama, buka terlebih dahulu strawberry prolognya, tampilannya akan seperti di bawah ini:
Setelah itu bukalah project game othello ini, dengan mengklik menu File lalu klik submenu Open, atau juga bisa dengan shortcut dengan menekan tombol CTRL+O, kemudian pilih project aplikasi permainan othello tersebut .
Kemudian jalankan project ini dengan mengklik menu Run dan submenu Run, atau bisa dengan tombol shortcut F5, lalu aplikasi permainan othello akan mulai berjalan.
Permainan Othello ini menggunakan sebuah algoritma untuk menemukan solusi yang paling optimal untuk memenangkan permainan, dalam hal ini kita menggunakan Algoritma Greedy, berikut penjelasan mengenai algoritma Greedy.









·      Algoritma Greedy
                               ALgoritma greedy merupakan salah satu dari sekian banyak algoritma yang sering di pakai dalam implementasi sebuah system atau program yang menyangkut mengenai pencarian “optimasi” Di dalam mencari sebuah solusi (optimasi) algoritma greedy hanya memakai 2 buah macam persoalan Optimasi,yaitu:
1.      Maksimasi(maxizimation)
2.      Minimasi(minimization)
                               Algoritma greedy merupakan metode yang paling populer untuk memecahkan masalah optimasi. Algoritma greedy membentuk solusi langkah per langkah.Pendekatan yang digunakan di dalam algoritma greedy adalah membuat pilihan yang tampak memberi perolehan terbaik, yaitu dengan membuat pilihan optimum local pada setiap langkah dengan harapan akan mengarah ke solusi optimum global.Prinsip algoritma greedy pada setiap langkah ialah mengambil pilihan terbaik yang dapat diperoleh saat itu tanpa memperhatikan konsekuensi ke depan, dan berharap bahwa dengan memilih optimum lokal pada setiap langkah akan menghasilkan optimum global pada akhir proses.

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar



Pengikut

My Blog darwin tarain

About this blog

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Tarain

Foto saya
heeh anak yang gokil and keren dhe

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

.