Darwin tarain blog keren

MULTIMEDIA

            Multimedia adalah  penggunaan komputer yang dapat kita gunakan  dan kita juga dapat menampilkan gabungan teks,suara,gambar,animasi dan video dangan menggunakan alat bantu dan koneksi yang kita gunakan.

            Di dalam multimedia juga terdapat elemen- elemen media yaitu ;

  1. Teks adalah susunan kata-kata,kalimat,dan peragap yang bersifat bebasis multimedia. Di dalam teks kita juga harus memperhatikan hypertext, auto-hypertext, text style, import text dan export text.
  2. Suara adalah bunyi yang digunakan untuk memperjelas dan perngertian yang terdapat di multimedia.Di dalam suara kita juga bisa membuat berbagai suara misalnya musik,video.dan ini juga untuk memudakan bagi pengguna untuk dapat lebih menggerti.
  3. Animasi adalah adalah gabungan dari beberapa gambar dan suara dan video. Animasi dapat berupa frame-based atau cast-based.frame-based adalah animasi yang berbasis frame sedangkan cast-based adalah yang berbasis cast.
  4. video adalah sebenarnya video sudah mencakup gambar dan suara tapi untuk jelasnya kita bisa jelaskan secara jelas.di dalam video terdapat 2 macam yaitu; full-motion yaitu video yang disimpan sebagai video clip,sedangkan live-video yaitu yang di proses dari kamera.
  5. grafik adalah gambar yang di ambil dari data-data dan informasi.ini bertujuan agar sipengguna lebih dapat mengerti memahami dan jelas  jika melaluli grafik.

Di dalam multimedia kita menggunakan software pengolahan pendukung pada multi media yaitu

  1. Blaze Media Pro 9.0 adalah program untuk mengkonversi audio dan video, lengkap dengan fungsi editnya. Untuk konversi, ada 10 format audio yang setiap formatnya memiliki setting yang bisa di atur sesuka hati. Selain konversi, fungsi editnya juga memiliki fungsi pengolah audio yang cukup baik. Dalam program ini kita bisa menaikkan tempo, mengubah volume, mengatur distorsi pada sebuah audio. Sama seperti audio, video juga memiliki fungsi konversi, edit, DVD ripper dan capture. Efek videonya sudah cukup membuat video tampil lebih menarik.
  2. Auto Movie Creator 3.22 adalah sebuah program yang dapat membuat sebuah video dengan mudah dan cepat. Asalkan codec yang dimiliki program ini sudah lengkap, file gambar atau video bisa diolah menjadi video atau slideshow yang lebih menarik. Program ini juga dilengkapi dengan Assistant Manager. Efek yang ada tidak hanya untuk video atau gambar saja tetapi ada juga efek untuk transisi. Musik atau audio pun dapat disesuaikan dengan panjang klip. Untuk audio, program ini menyediakan fungsi narasi untuk menginformasikan kejadian yang ada di gambar. Tetapi program ini tidak menyediakan fungsi drag dan drops untuk memasukkan gambar, video, teks, musik dan efek ke dalam video. Namun, semua efek yang ada bisa di edit penampilannya sehingga bisa mengatur panjang pendeknya efek untuk transisi atau tampilan video.
  3. Macro Media Flash, membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan di Internet. Misalnya, untuk membuat situs, banner iklan, logo yang beranimasi, serta animasi pelengkap lainnya. Flash dikembangkan dari suatu aplikasi yang bernama SmartSketch. SmartSketch sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yang diluncurkan pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia. Aplikasi ini cukup sukses di tengah pasar aplikasi menggambar yang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand.
  4. Auto Movie Creator 3.22 adalah sebuah program yang dapat membuat sebuah video dengan mudah dan cepat. Asalkan codec yang dimiliki program ini sudah lengkap, file gambar atau video bisa diolah menjadi video atau slideshow yang lebih menarik. Program ini juga dilengkapi dengan Assistant Manager. Efek yang ada tidak hanya untuk video atau gambar saja tetapi ada juga efek untuk transisi. Musik atau audio pun dapat disesuaikan dengan panjang klip. Untuk audio, program ini menyediakan fungsi narasi untuk menginformasikan kejadian yang ada di gambar. Tetapi program ini tidak menyediakan fungsi drag dan drops untuk memasukkan gambar, video, teks, musik dan efek ke dalam video. Namun, semua efek yang ada bisa di edit penampilannya sehingga bisa mengatur panjang pendeknya efek untuk transisi atau tampilan video.

LANGKAH – LANGKAH

            Ini salah satu cara langka – langka pembutan multimedia dengan adanya multimedia akan mempermudah kita dalam segala pembelajaran, berikut ini salah satu cara;
1. tentukan jenis multimedia pembelajaran
            Yang perlu kita perhatikan adalah multimedia  dalam pembelajaran di bagi atas 2 macam yaitu;
  1. multimedia pembelajaran mandiri
yaitu software multimedia yang dapat di pergunakan atau belajar dengan manual atau dengan sendiri  tanpa ada bantuan pengajar atau pembimbing. Tetapi dalam multimedia ini kita harus banyak-banyak berlati menggunakan software yang ada agar kita paham apa yang kita lakukan  terhadap apa yang kita kerjakan dari buku maupun artikel.

  1. multimedia presentasi pembelajaran
yaitu pembelajaran yang menggunakan software persentasi seperti halnya dengan power point tetapi disini kita bisa menggunakan alat  Bantu maupun dengan sendiri. Untuk lebih jelas kita dalam berpresentasi kita bisa menambahkan bnyak berbagai macam tambahan misalnya foto,video atau semacamnya.

2.  tentukan tema yang akan di buat dalam materi ajar
            Kita harus memikirkan apa yang akan kita presentasikan ini harus sesuai dengan apa judul dan pemikiran kita tentang multimedia dan dapat diterima oleh para pengguna kita harus cermat dan kreatif dngan apa yang kita lakukan tentang softwarenya. Tema kita juga harus yang menarik dan bewawasan tinggi ini membanu kita dalam menggembangkan presentasikan.

3.  susun rancangan kita dalam alur cerita
            Susun rancangan ini sangat perlu diperhatikan karena pada saat kita berpresentasi kita harus ingat alur alur yang kita gunakan. Alur cerita yang kita gunakan cukup yang simple2 saja karena ini hanya point2 yang dianggap penting. Kita bisa memakai power point untuk yang simple2 saja

4. membuat multemedia yang simple dan asik
            Kita membuat yang simple2 saja contoh kita membuat pada power point kita membuat nya pada slide yang kita ingin kan  kemudaian kita masukan materi yang kita akan persentasikan kemudian kita baru menggunakan video atau gambar dan animasi lain nya hanya kita perlu usaha dan kerja keras itu saja sudah cukup untuk modal awal kita.

5. mempelajarin multimedia dari orng lain
            Ini harus kita cermatin multimedia milik orng lain ini membantu kita untuk tambah kreatif dan menambah wawasan kita pada bentuk dan model yang digunakan kita harus banyak-banyak dalam hal ini karena ini sangat membangun kita.



Diambil dari :
1.www.wikipedia.com

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar



Pengikut

My Blog darwin tarain

About this blog

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Tarain

Foto saya
heeh anak yang gokil and keren dhe

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

.